2013/07/08

Glenn Fredly - Menanti Arah

Bila barisan nyawa
Kehilangan panglima jiwa
Aku di masa-masa
Bertarung dengan realita

Negeriku gelapi history
Kebencian jadi ideologi
Banyak nama yang hilang haknya
Dimana Tuan katakan

Menanti harapan semerbak wangi
Menanti musim yang bersemi
Menanti rapsodia kehidupan
Menanti, menanti arah

Elegi suara alam
Tragedi keserakahan
Anak dipaksa mengemis di jalan
Mengapa Nyonya katakan

Menanti harapan semerbak wangi
Menanti musim yang bersemi
Menanti rapsodia kehidupan
Menanti, menanti arah

Catt: Paling susah nemu kata "Rapsodia" kar'na gak pernah dengar sama sekali.
Kalau di KBBI (bentuk PDF di laptop saya), yang muncul adalah kata "Rapsodi" (noun alias kata benda) yang artinya: 1 pernyataan kegembiraan (sanjungan) yg berlebih-lebihan (dl puisi,
pembicaraan, dsb); 2 lagu (musik) yg merupakan jalinan lagu-lagu (musik) yg telah ada

Jadi kalau "rapsodia kehidupan" mungkin berarti sesuatu yang menggembirakan dalam kehidupan ini (lah), kehidupan yang lebih baik (dan yang bersinonim dengan 'yang baik-baik'). Lagu ini menurutku adalah lagu yang menceritakan realita sosial di nusantara ini. Bahwa keserakahan telah meraja, kebencian bahkan menjadi ideologi. Tak tahu lagi kepada siapa kita harus percaya (refers to: "jiwa telah kehilangan panglima'). Namun selalu ada harap, selalu ada penantian. Menanti rapsodia kehidupan. Yeahh,, kira-kira gitu deh menurutku. Orait, silahkan beli CD-nya (tapi jangan bajakan). Saya tidak punya mp3 yang bisa di-share. Satu-satunya single Glenn yang bisa kubagi hanya "Sabda Rindu." (kasihan para musisinya kalau kita tidak beli langsung, tapi malah nge-donlot, hehee..).

Salam

PS: terimakasih untuk Ria Adinata atas koreksinya (pada bait ke 4). Sebelumnya kutulis "akan dipaksa mengemis di jalan." Lalu setelah dengar lagunya lagi, ternyata "anak dipaksa mengemis di jalan." Hurufnya disana semua kan ya, urutannya yg beda. *ngeles*, hahahaa..
Anyway thank you, Adinata :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar